Thursday, November 20, 2014

abbas bin abdul muthalib - sahabat yang diminta nabi menunda hijrah (1)


Abbas bin Abdul Muthalib - Sahabat yang Diminta Nabi Menunda Hijrah (I)


Beberapa ahli tafsir meyakini bahwa ayat di bawah ini diturunkan berkenaan dengan Abbas bin Abdul Muthalib--paman Nabi SAW, selain juga untuk Aqil bin Abdul Muththalib dan Naufal ibnu al-Harits.

“Hai Nabi, katakanlah kepada tawanan-tawanan yang ada di tanganmu, jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu niscaya Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil darimu dan dia akan mengampuni kamu. Dan, Allah Maha Pemgampun lagi Maha Penyayang”. (Q.S al-Anfaal : 7)

Abbas adalah paman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan salah seorang yang paling akrab dihati dan yang paling dicintai Nabi. Karena itu, beliau senantiasa berkata menegaskan, “Abbas adalah saudara kandung ayahku. Barangsiapa yang menyakiti Abbas sama dengan menyakitiku.”

Di zaman jahiliah, Abbas mengurus kemakmuran Masjidil Haram dan melayani minuman para jamaah haji. Seperti halnya ia akrab di hati Rasulullah, Rasulullah pun dekat sekali di hatinya. Ia pemah menjadi pembantu dan penasihat utama Nabi dalam bai’at al-Aqabah menghadapi kaum Anshar dari Madinah.

Menurut sejarah, ia dilahirkan tiga tahun sebelum kedatangan Pasukan Gajah yang hendak menghancurkan Baitullah di Mekkah. Ibunya, Natilah binti Khabbab bin Kulaib, adalah seorang wanita Arab pertama yang mengenakan kelambu sutra pada Baitullah al-Haram. (Dsy) [inilah.com]

23/9

No comments: