Tuesday, April 3, 2012

ledakan di pasar afganistan hantam 13 siswa sekolah

Dua ledakan bom di sebuah pasar di provinsi Baghlan, Afghanistan utara, Senin, mencederai 24 orang, lebih dari separuh diantaranya anak-anak sekolah, kata sejumlah pejabat.

"Secara keseluruhan kami menerima 24 orang di rumah sakit, 17 diantaranya warga sipil, 13 dari mereka anak-anak sekolah," kata Abdul Qahar Qanit, seorang dokter di rumah sakit setempat.

Ia menyatakan, tujuh personel keamanan yang mencakup dua pejabat kepolisian daerah juga menjadi korban.

Ledakan-ledakan itu terjadi secara berurutan. Bom kedua meledak setelah pasukan keamanan tiba untuk menyelidiki ledakan pertama, kata kepala pemerintah daerah Amir Gul kepada AFP.

"Terjadi ledakan di Pasar Sher di Baghlan-i-Markazi. Ledakan pertama melukai sejumlah warga sipil, ledakan kedua terjadi tak lama setelah ledakan pertama," katanya.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab, namun ledakan-ledakan itu dilaporkan serupa dengan serangan yang dilancarkan Taliban sebagai bagian dari perang mereka melawan pemerintah Afghanistan dan sekutu Barat-nya.

Konflik meningkat di Afghanistan dengan jumlah kematian sipil dan militer mencapai tingkat tertinggi tahun lalu ketika kekerasan yang diklaim dikobarkan Taliban meluas dari wilayah tradisional di selatan dan timur ke daerah-daerah barat dan utara yang dulu stabil.

Jumlah warga sipil yang tewas meningkat secara tetap dalam lima tahun terakhir, dan pada 2011 jumlah kematian sipil mencapai 3.021, menurut data PBB.

Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Sumber: Antara

sumber : republika.co.id

No comments: