Wednesday, April 4, 2012

umat islam mesti menjauhi sifat keiblisan

Sifat keiblisan sangat berbahaya. Umat Islam mesti menjauhinya. Berdasarkan hadis Rasulullah, terdapat 5 sifat yang dimiliki iblis. Dan kelima sifat tersebut tentu tak baik bila sampai bersemayam dalam diri umat Islam.

Oleh Mustasyar PCNU Pamekasan KH Abd Hamid Mannan, pernyataan di atas sangat ditekankan dalam ceramah agamanya di masjid Nurul Jadid, Klompang Rombu Palengaan Pamekasan, Senin (2/4) malam. Ceramah agama tersebut disampaikan dalam Kolom Aswaja yang digelar pesantren Nurul Jadid serta dihadiri oleh para santri, masyarakat, dan para tokoh NU Pamekasan.

“Iblis itu tak pernah mengaku berdosa. Ini sifat yang pertama,” tegas ketua PCNU Pamekasan periode 1991-2001, itu. “Sifat kedua dan ketiga adalah tidak menyesal atas dosa yang dilakukannya dan tidak pernah berniat untuk bertobat.”

Adapun sifat yang keempat, tambahnya, ialah selalu dirinya merasa benar, tak pernah mau menyalahkan dirinya sekalipun banyak berbuat salah.

“Dan kelima adalah putus asa dari kasih sayang (rahmat) Allah,” kata Kiai Hamid.

Lima Sifat Nabi Adam

Kebalikan dari Iblis, Nabi Adam juga memiliki 5 sifat yang dapat membahagiakannya. Kelima sifat ini harus ditanam kuat dalam sanubari umat manusia.

“Sifat pertama ialah manusia pertama tersebut sudi mengaku berdoasa atas kesalahannya,” kisah Kiai Hamid. “Ia benar-benar mengaku dirinya berdosa melanggar larangan Allah agar tidak mendekati pohon Khuldi.”

Nabi Adam punya sifat menyesal, kata Kiai Hamid, dan penyesalan ini menjadi sifat selanjutnya yang harus diteladani.

“Sifat yang ketiga ialah Nabi Adam mencela perbuatan dosanya. Keempat, segera bertobat kepada Allah,” papar Kiai Hamid. “Dan tobat tersebut bernafas kesinambungan, berkelanjutan untuk tidak mengulangi lagi kesalahannya.”

Dan sifat yang kelima, tambah Kiai Hamid, adalah tidak pernah putus asa kepada kasih sayang (rahmat) Allah.


Redaktur : Mukafi Niam
Kontributor: Hairul Anam

sumber :nu.or.id

No comments: