Tuesday, September 23, 2014

khalid bin walid - pedang allah yang wafat di tempat tidur


Khalid Bin Walid (Sahabat Nabi Muhammad SAW)  - Pedang Allah yang Wafat di Tempat Tidur

Sahabat yang satu ini punya banyak julukan. Namun yang paling terkenal adalah sebutan pedang Allah. Gelar ini diperoleh langsung dari Rasulullah SAW setelah dia mengambil alih kepemimpinan pasukan Islam dalam perang Muktah. Sebelumnya, tiga panglima Islam dalam perang itu telah syahid.

Khalid banyak memimpin pasukan Islam dalam berbagai peperangan. Di bawah kepemimpinannya, pasukan Islam selalu meraih kemenangan. Bahkan, Khalid –saat masih kafir-- pula yang meghantam pasukan Islam pada waktu perang Uhud hingga kocar-kacir.

Salah satu ucapannya yang terkenal adalah, “Berkumpul dengan pasukanku di malam yang dingin dan mencekam, lebih aku sukai daripada bersama pengantin perempuan yang aku cintai di dalam kamar.”
Perjalanan jihadnya dari satu perang ke perang lain, membuat nyaris tidak ada bagian tubuhnya yang selamat dari luka-luka. Namun, ternyata dia tidak gugur di medan jihad.

Diriwayatkan dari Abu Az-Zinad, bahwa ketika ajal hendak menjemput Khalid bin Al Walid, dia menangis seraya berkata, “Aku telah mengikuti perang ini dan itu dengan gagah berani, hingga tidak ada sejengkal bagian pun di tubuhku kecuali ada bekas sabetan pedang atau tusukan anak panah, tetapi mengapa aku mati di atas kasurku tanpa bisa berbuat apa-apa, seperti halnya seekor keledai? Mata para pengecut tidak bisa terpejam’.” (edm)

17/9/14

No comments: