Wednesday, October 8, 2014

abdullah ummi maktum - syahidnya sang muadzin


Abdullah Ummi Maktum - Syahidnya Sang Muadzin

Abdullah bin Ummi Maktum memang buta. Tapi kebutaannya tidak menghalangi sahabat Rasul generasi pertama ini tampil di medan jihad.Dia pun syahid sebagai pejuang Islam.

Pada 14 H Amirul Mukminin Umar bin Khattab bermaksud menyerang Persia, negara adidaya saat itu. Umar memerintahkan semua lelaki muslim yang memiliki senjata, punya kuda, pemberani, atau berpikiran tajam untuk berkumpul.

Ternyata, Abdullah bin Ummi Maktum berada di antara ribuan pejuang muslim yang menghadap Khalifah dan menyatakan siap berjihad. Dia menjadi bagian pasukan Perang Qadisiyah yang dipimpin sahabat yang mulia, Saad bin Abi Waqqash.

Dengan mengenakan baju besinya, Abdullah tampil gagah. Dia bertugas memegang panji bendera Islam. Kibasan dan dentingan pedang, desingan anak panah dan tombak serta gemuruh kaki-kaki kuda perang, tidak membuatnya gentar.

Perang yang hebat pun berkecamuk dengan dahsyat. Pada hari ketiga, baru kaum muslimin berhasil mengalahkan pasukan negara superpower Persia. Kemenangan tersebut sekaligus jadi yang terbesar dalam sejarah peperangan Islam sampai saat itu.

Tapi kemenangan itu harus dibayar mahal. Sejumlah sahabat gugurnya sebagai syuhada. Di antara mereka terdapat muadzin RasulullahSAW Abdullah bin Ummi Maktum RA. Jasadnya ditemukan terkapar di medan perang sambil memeluk bendera yang diamanatkan kepadanya untuk dijaga [inilah.com]


18/9

No comments: