Tuesday, October 21, 2014

zubair bin awwam - diselimuti tikdar dan dibakar agar kembali ingkar

Zubair bin Awwam - Diselimuti Tikar dan Dibakar Agar Kembali Ingkar
Ada 10 sahabat nabi yang ketika masih hidup sudah dijamin masuk surga. Salah satunya adalah Zubair bin Awwam. Kemuliaan Zubair antara lain ditunjukkan dengan luas dan dalamnya ilmu yang dimiliki.

Dia adalah salah satu sahabat yang menjadi tempat bertanya sahabat lain tentang banyak hal. Bahkan Zubair adalah seorang dari enam ahli syura yang memusyawarahkan pengganti khalifah Umar bin Khattab.

Zubair bisa disebut masih kerabat Rasulullah SAW. Ayahnya adalah saudara laki-laki Khadijah binti Khuwailid, ummul mukminin. Sedangkan ibunya adalah bibi Rasulullah SAW, Shafiyyah binti Abdul Muthalib. Silsilah keluarganya sebagai berikut: Zubair bin Awwam bin Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay bin Kilab al-Qurasyi al-Asadi.

Zubair dilahirkan 28 tahun sebelum hijrah. Dia masuk Islam di Mekah saat berusia 15 tahun melalui Abu Bakar ash-Shiddiq RA. Keislamannya telah menimbulkan kemarahan orang-orang kafir Quraisy, terutama keluarganya.

Begitu marahnya keluarga besar Zubair, hingga pamannya menggulung badannya dengan tikar, lalu dipanaskan dengan api. Tujuannya, tentu saja agar dia kembali ke agama nenek moyangnya. Namun hidayah Allah telah tertanam dengan amat kuat dalam kalbunya.

“Aku tidak akan kembali pada kekufuran selama-lamanya,” ujarnya tegas.

Keistimewaan lain Zubair adalah, dia dua kali ikut hijrah. Yang pertama, hijrah ke Habasyah. Dari sini dia lalu menikah dengan putri Abu Bakar, Asma binti Abu Bakar RA. Kedua, hijrah ke Madinah. Anak pertamanya diberi nama Abdullah. Sedangkan yang kedua kedua bernama Mush’ab RA [inilah.com]

19/9

No comments: