Tuesday, October 21, 2014

zubair bin awwam - lelaki yang ditiru malaikat jibril di perang badar


Zubair bin Awwam (2)
Lelaki yang Ditiru Malaikat Jibril di Perang Badar


Buat sebagian besar ummat Islam, Umar bin Khatab adalah sahabat utama Rasulullah SAW yang gagah berani. Dia juga jenderal perang yang cerdas dan tangguh. Ummat Islam juga mengenal Khalid bin Walid yang Rasulullah beri gelar saifullah, pedang Allah. Kedua sahabat mulia ini adalah para pahlawan Islam yang gagah berani.

Namun mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa orang yang pertama kali menghunus pedang di jalan Allah adalah Zubair. Ya, sahabat yang pertama kali menghunus pedangnya untuk membela Islam ternyata UUmar. Bukan pula Khalid bin Walid sang Saifullah. Lelaki itu adalah Zubair bin Awwam.

Informasi ini diperolen dari Aurah dan Ibnu al-Musayyib. Keduanya berkata, “Laki-laki pertama yang menghunuskan pedangnya di jalan Allah adalah Zubair.”

Peristiwa tersebut terjadi saat Rasulullah SAW diganggu. Dan, Zubair adalah sahabat yang pertama kali menghunuskan pedangnya kepada orang-orang yang mengganggu Nabi.

Dari Jabir bin Abdillah RA, suatu ketika Rasulullah SAW bersabda pada hari Perang Ahzab, “Siapa yang akan memerangi Bani Quraidhah?” Zubair menjawab, “Saya.”

Beliau kembali bertanya, “Siapa yang akan memerangi Bani Quraidhah?”

Zubair kembali merespon, “Saya”

Lalu Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya setiap nabi memiliki hawari (teman-teman setia). Dan hawariku adalah Zubair.”

Kemuliaan dan keberanian Zubair dalam membela Islam telah membuat malaikat Jibril tampil dengan fisik Zubair bin Awwam di Perang Badar.

Diriwiyatkan dari Aurah bin Zubair, dia berkata, “Hari itu Zubair mengenakan mantel kuning. Lalu Jibril turun dengan menyerupai Zubair. Di Perang Badar, Rasulullah menempatkan Zubair di sayap kanan pasukan. Lalu ada sosok Zubair mendekati Rasulullah. Beliau berkata kepadanya, “Perangilah mereka wahai Zubair!” Lalu orang itu menjawab, “Aku bukan Zubair.” Akhirnya Rasulullah mengetahui bahwa itu adalah malaikat yang Allah turunkan dengan sosok Zubair untuk membantu kaum muslimin di Perang Badar. [inilah.com]

19/9

No comments: